Emulator Nintendo Switch selain Yuzu Sudah Ada Penerusnya, Tapi….

Emulator Nintendo Switch selain Yuzu – Kabar mengenai emulator Nintendo Switch populer bernama Yuzu ramai diperbincangkan oleh para Gamer. Itu karena emulator tersebut bersamaan dengan emulator 3DS bernama “Citra” harus ditutup dan dihentikan pengembangannya karena telah melanggar hak cipta dan tuntutan dari Nintendo.

Banyak dari Gamer menduga kejadian ini akan memunculkan emulator Switch baru lainnya selain Yuzu. Dan ternyata benar, beberapa nama emulator baru pun mulai bermunculan sejak Yuzu dan Citra resmi ditutup.

Emulator Nintendo Switch selain Yuzu Sudah Ada Penerusnya

Berdasarkan informasi yang didapatkan, ada beberapa nama emulator Nintendo Switch selain Yuzu terbaru di internet. Salah satunya adalah “suyu”. Emulator open source tersebut dibuat oleh user bernama Crimson-Hawk di GitHub yang tampak merupakan akun baru di sana.

Selain “suyu”, ada emulator Switch baru lainnya yang muncul sejak penutupan dan penghentian emulator Yuzu. Emulator open source ini bernama “nuzu” dibuat oleh akun GitHub bernama Nikilites.

Secara Teknis Bukan Emulator Baru

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kedua emulator tersebut, yaitu suyu dan nuzu ternyata hanya emulator yang muncul dengan tujuan menolak Nintendo atas penutupan emulator Yuzu yang terjadi baru-baru ini.

Beberapa file yang ada di emulator suyu secara teknis merupakan aset dari emulator Yuzu yang di-upload kembali oleh Crimson-Hawk di website GitHub dan statusnya menjadi Public Archived.

Kreator suyu menulis pernyataan yang bersifat menolak tindakan Nintendo atas penutupan emulator Yuzu. Dia menyebut cepat atau lambat emulator Switch lainnya akan muncul di internet dan hal ini menjadi kekalahan bagi Nintendo.

Sebagai catatan, emulator suyu tidak mendukung pembajakan dan sumber game terkait beserta key ditanggung oleh penggunanya.

Sama halnya dengan suyu, nuzu diketahui membagikan file aset emulator Yuzu di GitHub lewat akun GitHub kreator Nikilites. Namun pada saat artikel ini ditulis, semua aset yang ada di sana telah dihapus. Dia meminta maaf kalau perbuatannya ini membuat beberapa pihak mungkin membencinya dan juga berterima kasih kalau ada yang mendukung dia.

Itulah informasi mengenai emulator Nintendo Switch selain Yuzu terbaru mulai bermunculan namun ternyata hanya mengupload ulang aset yang sama ke internet. Apakah ada emulator Switch baru lainnya yang berani melakukan hal seperti ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *